Penjual Rujak Petis Naik Haji

hufron, 17 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Gresik - Meski hanya seorang penjual rujak petis, Zaenah (52) warga Desa Manyarsidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Akhirnya, bisa mewujudkan cita-citanya untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah.
 
Untuk bisa mewujudkan impaiannya, menjalan Rukun Islam yan ke lima itu. Ibu tiga anak ini, rajin menabung uang hasil berjualan rujak petis yang telah dijalaninya selama puluhan tahun.
 
“Alhamdulillah, berkat niat saya selama bertahun-tahun untuk bisa berangkat haji ke Mekkah bersama suami diijabahi (dikabulkan) Allah SWT,” katanya Zaenah , Minggu (14/7/2019).
 
“Sehari-hari saya berjualan rujak, sejak anak pertama saya masuk TK, atau sekitar 25 tahun lalu. Memang saya bersama suami, sangat ingin sekali bisa ke Mekkah untuk menjalankan Ibadah Haji dengan cara mengumpulkan uang sedikit demi sedikit,” ucapnya, sambil meneteskan air mata bahagia.
 
Menurut Zaenah, untuk bisa beribadah Haji. Butuh niat yang tulus dan sungguh-sungguh, tidak cukup hanya mengandalkan finansial saja dan bisa dilaksanakan oleh siapapun.
 
“Yang terpenting niat ikhlas karena Allah SWT, tanpa itu tidak akan bisa. Contohnya banyak orang-orang yang hartanya banyak, tapi belum juga berangkat haji. Tapi, saya yang hanya seorang penjualan rujak dikasih kemudahan untuk melaksanakannya,” ujarnya.
 
“Untuk bisa menunaikan ibadah Haji ini, saya menyisihkan uang hasil berjualan rujak. Dengan cara mengikuti arisan, yang tarikannya itu Rp 30.000 setiap hari. Sebab, penghasilan saya tidak tentu kadang dalam sehari saya mendapat uang Rp 200.000, tapi kalau pas banyak pembeli bisa dapat uang hingga Rp 500.000 sehari,” ungkapnya.
 
“Setelah saya berhasil mengumpulkan uang hasil arisan, pada tahun 2009 saya lalu mendaftarkan diri bersama suami untuk menjadi calon jemaah haji Gresik. Jadi sudah sepuluh tahun saya menunggu kesempatan ini, akhir bisa pergi haji,” pungkasnya.
 
Untuk diketahui, bahwa Zaenah akan diberangkatkan ketanah suci Makkah pada 24 Juli 2019 bersama suaminya Ajmain yang tergabung dalam kloter 57. Sementara itu, jumlah calon jemaah haji asal Kabupaten Gresik yang berangkat di tahun 2019 ini total ada 2.135 orang.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu